Besok Petang, Pengumuman SBM PTN 2014 Online

Bagi 664 ribu lebih pendaftaran SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri), tentu cemas menunggu hasil pengumuman kelulusan.

Panitia SBMPTN 2014 memastikan bahwa pengumuman kelulusan sudah bisa dilihat besok (16/7) melalui website www.sbmptn.or.id pukul 17.00 WIB. Selain melalui online, pengumuman juga di koran pada Kamis, 17 Juli.

Sekretaris Pokja Panitia SBM PTN Bambang Hermanto mengatakan, pendaftar SBM PTN untuk kategori saintek mencapai 240.278 orang. Kemudian untuk kategori sosial humaniora (soshum) 258.035 orang. Sedangkan pelamar kelompok campuran (saintek dan soshum) berjumlah 166.196 orang.

Sampai tadi malam, Bambang belum bersedia membeber jumlah peserta tes SBM PTN yang dinyatakan lulus ujian. "Ditunggu saja sampai keluar pengumuman resmi SBMPTN dari panitia pada 16 Juli depan," katanya kemarin.

Bambang hanya menjelaskan bahwa kuota mahasiswa baru dari saringan SBM PTN yang tersedia berjumlah 103.346 orang. Dengan jumlah pendaftar yang mencapai 664.509 orang, berarti rata-rata perbandingannya adalah 1:6,4. Artinya satu kursi mahasiswa baru diperebutkan hingga 6 orang pelamar.

Tetapi untuk program studi (prodi) tertentu, tingkat perbandingan kursi yang tersedia dengan pelamar bisa lebih besar lagi. Misalnya untuk jurusan atau prodi manajemen, teknik informatika, sistem informasi, sistem komputer, dan rumpun jurusan di fakultas kedokteran.

Bambang menuturkan sepuluh PTN dengan peminat tertinggi tersebar di sejumlah lokasi. Nomor tertinggi adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dengan 78.535 pelamar. Disusul kemudian oleh Universitas Sumatera Utara (73.726), Universitas Hasanuddin Makassar (72.149), dan Universitas Gadjah Mada Jogjakarta (71.193).

Menurut Bambang, SBM PTN merupakan salah satu jalur masuk kuliah di kampus negeri. Sebelumnya sudah dilakukan SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri).

Kuota mahasiswa baru di SNM PTN lebih besar, karena minimal 50 persen dari total kuota mahasiswa baru di seluruh PTN. Sedangkan kuota SBM PTN rata-rata antara 30 persen hingga 40 persen.

"Jadi memang peminat atau pelamar SNMPTN lebih tinggi dari SBM PTN. Karena peluang diterimanya lebih besar di SNM PTN," paparnya.

Bambang mengatakan jumlah pelamar SNM PTN mencapai 777.536 orang. Bagi pelamar yang tidak diterima di SBM PTN maupun di SNM PTN, masih ada peluang untuk masuk PTN. Di sejumlah PTN ada yang menerapkan ujian atau seleksi mandiri. Kuotanya maksimal seleksi mandiri hanya 30 persen dari total kuota mahasiswa baru di PTN. 

0 comments:

Post a Comment